Mengubah run level linux


udah lama banget gw pengen ngelakuin ini. kebetulan 4 dari 4 server yang ada dikandang semuanya ngejalanin X-Window setiap boot. he he he…..jangan diketawain, namanya pemula kadang bingung kalau harus full mainan di console. lagian itu server semi produksi, jadi faktor security belum begitu penting. gw cari tool grafis yang ada dimenu gak ada satupun yang bisa ngerubah run level, di service cuma diatur service apa yang nyala di tiap run level, tapi gimana untuk ngerubah run level default gak ada. barusan baru nyadar ternyata di Infolinux Juni ada tips untuk ngeganti run level.

file yang harus diedit ada di /etc/inittab edit file tersebut pake text editor favorit anda. cari bagian yang bunyinya id:5:initdefault: dia jalan di run level 5 yang artinya mode X11. kalau mau diubah jadi run level 3 baris itu diubah jadi id:3:initdefault:. tapi jangan sembarangan ngerubah angka yang ada ditengah itu, dibagian atas konfigurasi initdefault itu ada keterangan run level. berikut petikannya

# Default runlevel. The runlevels used by RHS are:
#   0 - halt (Do NOT set initdefault to this)
#   1 - Single user mode
#   2 - Multiuser, without NFS (The same as 3, if you do not have networking)
#   3 - Full multiuser mode
#   4 - unused
#   5 - X11
#   6 - reboot (Do NOT set initdefault to this)
#

Ok itu aja yang perlu dilakukan untuk mengubah run level. jangan lupa restart komputer anda setelah melakukan perubahan run level. OK!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s