Setting NFS sederhana


Jam segini masih ON dikampus pula, sebenernya bukan acara gw, Ade yang ada acara nyelesein kerjaan nginventaris komputer dan lain-lain dilab. tadi sore udah sempat tidur sebentar tapi jam segini udah nguantuuuuuk buanget rasanya. Sekedar awal, halaahh…. .jam segini kok awal, ya daripada malam ini berjalan begitu saja gw mau nulis dikit banget tentang NFS, sebenernya udah lama penasaran caranya mounting NFS, pernah baca tutorial tapi baru kali ini praktek dan ternyata gampang kok

Ok, disini gw bakal pake dua server yang ada dilab. yang satu bertindak sebagai server NFS dan yang satunya bertindak sebagai client. disisiserver cukup edit file /etc/exports/ sebagai contoh tambahin baris kayak gini

/mnt/disk1/mp3 192.168.3.12/255.255.255.0(rw,no_root_squash,no_all_squash,sync)

baris diatas artinya kita akan menshare direktori /mnt/disk1/mp3 ke komputer dengan IP Address 192.168.3.12 pada subnet yang sama. misalnya anda mau memberikan akses ke seluruh komputer di suatu network angka diatas dapat anda ganti dengan Alamat jaringan (192.168.3.0/255.255.255.0). Untuk opsi dibelakangnya gw belum paham, maaf banget ye….selesai dari sisi server kita beralih ke komputer client, sama seperti memount apapun (maksudnya drive dimesin yang sama ataupun samba, mounting NFS juga pake perintah mount. selain itu harus ada direktori yang bertindak sebagai mount point. sebagai contoh untuk memount direktori yang udah gw share td

# mkdir /mnt/mp3
 # mount 192.168.3.30:/mnt/disk1/mp3 /mnt/mp3

udah gitu aja, kalau misalnya gagal, coba firewall diserver dicek ulang, mungkin port NFSnya belum dibuka,jujur karena ngantuk dan males, alih-alih ngutak-atik firewall, firewallnya gw matiin dan koneksi NFS berjalan dengan mulus kalau mau unmount tinggal ketik umount /mnt/mp3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s