Apa sih yang seharusnya ada dalam sebuah modul linux?


Ini ketiga kalinya gw nulis modul untuk pelatihan linux, entah pelatihannya kapan, maret atau april atau mungkin malah mei, tapi yang jelas gw pengen secepatnya modul ini jadi, rencana sih gw upload ke blog atau kemana gitu pdf nya biar bisa direview rame-rame sama temen-temen, terutama temen-temen di milis.

Modul pertama pelatihan linux seinget gw finishingnya semaleman sama rian nginep di kampus, modul kedua ngerjain bareng-bareng h-1. Dari kedua modul itu yang kedua lebih siap, terutama bagian office yang digarap rian, lengkap lengkip mirip modul MS office punya UPKFE. Kalau bagian gw memang gw buat sederhana dan memang gw males aja gitu mbuat yang lengkap, he he he

kalau dua kali pelatihan linux itu cuma sehari, rencananya untuk pelatihan sekarang ini bakal makan waktu sekitar dua mingguan, atau 10 kali pertemuan, sekali pertemuan dua jam, jadi 20 jam (tapi mungkin juga bakal dibuat lebih)

materinya pun masih simpang siur. Roni lebih cenderung ngajarin openoffice.org, mas dwi lebih cenderung pengen ngajari gimana bisa menggunakan linux untuk kerjaan sehari-hari, nyetel musik, film, internetan dan sebangsanya, sedangkan gw sendiri lebih pengen pelatihan ini menekankan ke penggunaan tools command line, server basic, pengenalan tipe server, nyala matiin server dan sebagainya

Dari beberapa hari yang lalu mau nglembur nggarap modul belum kesampaian, lumayan capek sih memang tapi sebenernya masih ada energi sisa yang bisa dipake untuk nggarap modul, cuma gw nya aja yang males, he he he…..

semakin banyak sumber yang bisa dibaca dan dicontek untuk mbuat modul bukannya semakin mudah tetapi semakin susah, meskipun tutorial yang ada satu sama lain berbeda tujuan utamanya, sasaran pembacanya dan sebagainya, tapi ada beberapa bagian yang hampir sama. Membaca beberapa modul sumber itu justru ngebuat gw bingung yang mana yang harus diconto, modul kayak apa, untuk siapa yang harus gw buat? Dan banyak pertanyaan lain yang mungkin bisa dijawab setelah modulnya selesai. Lho kok? Lha kalau njawab ini itu dulu kapan nulisnya dan kapan selesainya.

Ok, segitu dulu, pagi sudah terang, saatnya nyapu halaman rumah mbah

suatu pagi dikudus

Leave a Reply

