Seharian mainan cumi


ya masih kelanjutan oprekan kemarin, masih harus berkutat dengan squid yang belum optimal sedemikian hingga koneksi masih lambreta. ya namanya juga usr pasti pengennya cepet cepet dan serba cepet, browsing cepet, download cepet, main DotA online gak nge-lag dan sebagainya. yang kena getahnya pasti opisboy yang bodoh nan malas kayak gw. seharian ini gw :

  • Install amita pake ClarkConnect Community Edition 4.1 untuk backup proxy karena swann mau gw oprek. sebenernya langkah paling gampang ngeprint (atau lebih gampang lagi nulis pake spidol) pengumuman, “internet mati sampe jam 3” misalnya, tapi ya itu tadi, gw gak tega liat user pada manyun, kan pada mau cari jurnal dan lain sebagainya. ya meskipun hari ini lab tutup tapi kan tetep aja ada user yang pake, temen-temen asisten di lab. selain itu artinya gw ngoprek dikejar waktu karena mau gak mau, suka gak suka harus selesai secepatnya dan menyalakan koneksi internet secepatnya. males banget kan untuk opisboy nan malas seperti gw.
  • masih penasaran sama follow_x_forwarder_for. Diancuk tenan, kenapa ya developer squid atau developer centOS(sekarang kan gw pake centOS) gak masukin patch follow_x_forwarded_for ke sourcecode squid utama aja ya, kan buanyak tuh yang pake. atau developer dansguardian gitu. mungkin mereka sudah terlalu lelah ngurus kerjaannya sendiri, plus harus volunteer nggarap squid atau dans. ya ya ya gw tau dan mungkin ini juga pemaksaan secara tidak sengaja biar opisboy macam saya ini mau belajar untuk ngompile program, nyoba patch dan lain sebagainya, gak cuma yam yum aja, dan mengandalkan rpm.
  • gw dapet suspect baru penyebab koneksi lambat, mesn tempat swann bersemayam saat ini kayaknya emang sucks, gw inget dulu kalau mau ngoprek pake mesin yang sejenis itu sering gagal, bahkan pada tahap instalasi linux. (ya ya ya, opisboy yang bodoh akan selalu menyalahkan hardware alih2 dirinya sendiri yang gak becus mengkonfig aplikasi yang ada, he he he). jadi nanti rencananya, setelah download DVD Repository Feisty yang terakhir dari 8 seri DVD, delapan boooo, selesai bakul download akan dimatikan untuk  sementara, jasadnya akan dipakai swann, jadi RAM 1 Gb yang ada diswann akan dipindah ke bakuldownload. selanjutnya bakuldownload akan tinggal di tubuh swann. jadi tukeran gitu lah.

mungkin cuma itu seharian ini, habis ini dan mungkin sampe nanti malem masih akan mainan sama cumi-cumi(kan sekarang ada dua) tersayang. sekian

5 thoughts on “Seharian mainan cumi

  1. sudah, sejak awal pake clarkConnect sudah OK. sekarang ada mesin pentium III pake ClarkConnect jadi secondary Cache/proxy. baik2 saja. malah terlalu baik. rasanya justru cache utama terlalu membebankan traffik ke cache yang ini.

  2. Mas, saya pakai clarkconnect 4.3 community edition. cuma ini sudah kedua atau ketiga kalinya squidnya bermasalah (awalnya saya ndak tahu kalau problemnya di squid). awalnya lancar2 saja… namun terakhir, kalau browsing jadi lambat sekali. apakah file confnya berubah ya? tapi bagaimana bisa berubah sendiri?
    sementara ini saya nonaktifkan squid dan transparent modenya..
    bagaimana ya mas mengatasi ini?
    kalau di cache lognya terlihat comm_open socket failure(24) too many files open..

  3. Mmmmm kelihatannya itu file descriptornya habis coba dinaikkan pak, bisa lihat di :

    http://www.cs.uwaterloo.ca/~brecht/servers/openfiles.html

    ditempat saya biasanya lambat karena log squid buesar banget, pernah sampe > 2Gb access.log nya. saya nggak yakin ini jadi biangkerok tapi biasanya kalau saya rotate :

    /usr/sbin/logrotate -f /etc/logrotate.d/squid

    squid kembali lega. mungkin bisa dicoba konfigurasi /etc/logrotate.d/squid ada baris2 “weekly 5” diganti “daily 60”. supaya log dirotate daily, 60 itu nanti jadi banyak file rotate terakhir jadi access.log.59.gz kalau ndak salah, jadi log tetap tersimpan🙂

Leave a Reply

