Bekerja dengan pebisnis pemula yang gak jelas


Seharusnya posting ini sudah dibuat dan dipost sebulan yang lalu. ya pas masih hangat-hangatnya, tapi karena banyak hal termasuk kemarin sempat opname baru sekarang keingetan lagi. disatu sisi nilai emosionalnya mungkin kurang tapi semoga justru bisa lebih…..objektif mungkin.

Beberapa bulan yang lalu ada temen yang tanya-tanya tentang internet, ya karena dikit-dikit gw tau ya gw jawab sebisa gw. dia cerita mau buat warnet WiFi, ya sempat beberapa kali ngobrol-ngobrol, terus cukup lama gak dapet kontak dari dia. sampe pada suatu senin pagi ada SMS “mas ada waktu? bisa temeni nanti aku mau ketemu orang ISP”. karena gak punya pulsa gak gw bales, tapi sebenernya gw bisa karena memang hari itu gak ada janji atau rencana apa gitu. cuma gw berangkat agak siang, jam 9 baru nyampe kampus. baru nyampe akhirnya dia telpon. singkat cerita akhirnya gw ikut nemeni ketemu orang ISP itu disebuah food court disebuah mal. ya gak banyak yang diomongin tapi sejak hari ini gw baru ngeh kalau

  • Ternyata rabu pekan itu juga, yang artinya dua hari setelah senin, dia mau launching, ini yang paling mengagetkan, gw kira mau buka dua atau tiga pekan kedepan, ternyata 2 hari.
  • Konsep bisnisnya belum jelas, karena dia mau menggabungkan warnet dengan kafe, belum jelas apakah itu warnet dengan kafe, atau kafe dengan warnet/internet, atau kafe dan internet.
  • Konsep bagaimana dia dapet uang dari internet (baca: billing) belum jelas, meskipun sudah pernah melihat hotspot dibeberapa tempat tetapi sampai dua hari sebelum launching dia belum menentukan konsep yang mau dipake seperti apa

Dalam obrolan dengan orang ISP itu dia pesen Access Point dan segala macam peralatan jaringan ke orang ISP itu sekalian, malem baru AP sama switch yang dateng belum ada komputer. Selasa gw SMS apa udah bisa mulai ngeset dia bilang belum nanti dikabari. sampe ternyata rabu pagi baru diSMS. ba’da dzuhur kesana kebetulan ISP dua los disebelah warnet dia, pas gw tanya kabelnya mana? (ini salah satu alasan kenapa dia milih ISP itu karena tetangga jadi bebas biaya setup), dia bilang udah disebelah mas. pas nyampe ke ruang ISP itu (bisa masuk bebas, karena belum jadi, cuma harus ngelangkahi bagian depan kios yang lagi digarap tukang) ada kabel UTP sama power, tapi masih nggantung semua, dia bilang “ini lho mas, katanya udah bisa”. gw langsung mikir apa iya udah bisa nyala, kabel ini kan dari AP yang di tower, terus AP nya dapet power dari mana ya, dari hongkong? bukannya kabel power ini kabel power untuk AP. tapi ya tetep gw cobain gw sambung ke laptop (dudul banget ya?). dan hasilnya ya gak bisa, karena memang gak ada power kok. mana diruang itu gak ada tempat colokan listrik(namanya apa to? ndak steker? lupa soalnya daripada salah tulis). Terus gw bilang “eh belum bisa, gak ada power” dia telp orang ISP nya dan orang itu bilang jam 2 an baru bisa dateng. ya akhirnya gw kembali ke pohon(halah kok ke pohon) kembali nunggu, sejam ada kayaknya, lebih malah. ya sampe kering gitu kalau krupuk digoreng mungkin dah gosong buanget kali.

Setelah orang ISP dateng, kita minta tolong anak buah pemilik warnet untuk beli roll kabel. karena di ruang ISP gak ada power yang dilempar kesebelah, untungnya belum ada eternitnya jadi bisa ngelewati tembok. karena itu setting langsung ke AP akhirnya orang ISP itu yang ngeset, ya cuma ganti gateway sama DNS aja sebenernya. Fuhhhhh…..didetik2 terakhir akhirnya AP nya nyala. ya gimana gak detik2 terakhir lha wong tamu undangan dari pers nya udah pada dateng. jadi pas launching belum menggambarkan bagaimana kondisinya nanti. lha belum ada captive portalnya. kerjaan masang internet pas launching selesai sudah. tinggal captive portalnya.

Kamis gak ada info, jum’at dia ngasi kabar(SMS atau telp gw lupa) udah dapet PC nya, dia sempat telp tanya bisa minta tolong bantu ngerakit gak, gw bilang gak bisa, gw gak begitu mudheng hardware, daripada nanti salah. sabtu akhirnya jadi rakitannya(hasil rakitan dia sama temennya katanya), dan ternyata komputer barunya cuma satu untuk billing, untuk servernya dia pake bekas(nanti gw ceritain). Ampun komputer baru ini bikin masalah, pas diboot selalu aja ngehang, paling bagus itu masuk bios terus ngehang, gw coba2 sampe SMS mas dwi belum bisa juga, udah berbagai macam cara gw coba (ya meskipun awam hardware tapi dikit2 tau lah). akhirnya gw nyerah, gw pulang. kebetulan dia lagi pergi, gw titip pesen ke anak buahnya dia. sampe kost dia telp, tanya “mas gimana? bla bla bla” ya gw bilang gw menyerah gak tau apa yang salah dengan komputer itu, tapi karena ngerakit sendiri dan belum ditest ya gw gak tau salahnya dimana. dia bilang mau tanya Orang ISP nya sama temennya. Ahad pagi atau sore itu juga (gw lupa) dia telp bilang katanya temennya itu karena belum ada OS nya. yeee kalo itu gw juga tahu, paling keluar DISK BOOT ERROR atau apa gitu, lha wong sampe situ aja enggak, setidaknya kalaupun belum ada OS di HDnya kan gw bisa pake boot CD

Ahad habis maghrib dia telp katanya ada orang ISP nya, ya terus gw kesana. ternyata akhirnya sama, orang ISP itu juga gak bisa menyelesaikan masalah, kesimpulan akhir karena masih garansi dikembaliin ke penjualnya. sebelum ngembaliin dia sempat ngambil PC bekas P III lupa clocknya berapa, tapi udah kuotor buanget, pokoke njijiki tenan. tapi ya gw coba. dan bener aja, ada aja yang error, VGA nya gak pas lah, ini lah itu lah, tapi malem itu selesai install clarkconnect dimesin itu. ya rencana buat proxy, tapi karena gak ada LAN Card ya gak bisa gw terusin. dia ngembaliin komputer ke penjualnya.

Senin dicek anak buahnya belum jadi, katanya kamis. kamis malem gw coba udah bisa, gw install PCLinuxOS gak bisa, ya ceritanya cari yang gampang, support MP3 ada codecs Win32. kan untuk billing, ternyata gak bisa, akhirnya ke ubuntu. dan bukan cuma sampe malem tapi pagi, karena memang baru mulai jam 10. itupun nunggu ada tamu yang masih pake internet, karena gw butuh mindah AP ke deket mesin itu, baru jam 11 an malem mulai. setengah 2 kayaknya gw baru pulang. untungnya deket cuma beberapa ribu centimeter dari tempat kost gw.

Jumat gw capek banget dikampus malemnya gak bisa mampir, gw SMS ke dia gw terusin besok pagi (sabtu) aja ya. dan dia bilang ok.

Sabtu pagi kesana, gw nyoba install captive portal dikomputer baru yang untuk billing, seperti yang gw bilang ke dia sejak dia minta tolong ke gw untuk bantu-bantu bahwa gw belum pernah ngeset Captive portal, jadi masih harus belajar, karena server dikomputer bekas itu agak aneh daripada berurusan dengan error-error yang gak jelas mending gw coba di mesin yang jelas, maksudnya nanti kalau udah pasti baru dipindah.

Sekedar cerita gw install WifiDog di feisty agak aneh, pas ngejalanin aplikasi installer yang web-based ada satu halaman yang error, yang meskipun setting error di PHP gw tampilin gak muncul, entah kenapa ini. tapi dari tutorial yang gw pake jadi panduan dia nginstallnya di edgy. dugaan gw gak kompatible sama versi PHP nya.

Pas gw lagi ngeset, entah kenapa tau-tau dia bilang “mas kalau memang susah, udah aja gak papa, nanti aku minta tolong orang ISP nya untuk cari orang”. Weks gw diusir halus nih? tapi gw masih nyoba-nyoba ya sekedar penasaran aja. dan gw bilang, “ow ya udah, coba to tanya sama orang ISP nya dia katanya punya modul hotspot kan (Disk On Module (atau module on disk ya?) nya mikrotik) kayanya lebih simple. terus dia telpon orang ISP itu. sampe sini gw masih nyoba2. ya sambil ngenet baca2 kenapa kok WiFi dognya error. dia bilang lagi “udah aja mas gak papa kalau memang susah” ya udah gw selesai, ngabisin makanan yang dia kasih (namanya rejeki, mosok gak dihabisin) n pulang (gak pulang si sebenernya ke kampus, dikampus ada misbah). O, iya sebenernya gw baru ngeset setelah dzuhur, sebelumnya ngebantuin masang kabel biar rapi. untung gw cuma bantu dikit (meskipun harusnya gak bantu-bantu) tapi lumayan juga sampe naik2 tangga segala, masang ini itu dan laptop gw jadi korban, dasar dia geblek, mosok naruh tutup vixal diatas laptop, ya lapisan bagian atas LCD gw ngelupas lah, meskipun cuma selingkaran kecil tapi kan tetep aja payah.

Dari pengalaman ini gw banyak belajar dari sisi bisnis :

  • Konsep bisnis itu harus jelas
  • kalau bisa kerjaan itu dibagi, karena kalau gak dibagi hal sepenting internet untuk sebuah warnet bisa kelupaan.
  • Hemat harus tapi liat-liat, ya seperti memanfaatkan temen untuk bantu-bantu gpp tapi kalau meja kursi kualitas kelas dua untuk sebuah kafe ya pikir2.
  • jadwal harus jelas, kapan mau ngeset ini, masang ini itu dsb

Dari sisi tukang bantu-bantu :

  • Lihat siapa yang anda bantu
  • kalau teman dekat yang anda kenal baik dan sudah akrab mungkin bisa bantu sebaik mungkin
  • kalau cuma kenal(kayak gw ini), gak begitu deket, biasa aja, jangan terlalu banyak bantu dan lakukan apa yang perlu aja.
  • mungkin sejak awal bisa tanya kapan deadline nya, lha kalo kayak gw kan gak jelas, baru kerja beberapa jam dipecat:D
  • jangan berikan ide-ide baik teknis maupun bisnis kepada yang meminta tolong, lakukan hanya apa yang dia butuhkan.
  • Ikhlaslah sejak awal, dongkol juga kan kalau udah dibela-belain ngeluangin waktu, bantu-bantu cuma dapet ucapan terima kasih, ya cuma terima kasih

sempat beberapa waktu yang lalu pas ngobrol dia nawari gw jadi operator, ya gw bilang gw kayaknya gak bisa, baru berusaha mengurangi kegiatan rutin, lha mosok di UPK jaga, lepas dari jaga UPK jaga di sana. nok riris sih sempat bilang ke gw, Admin apa operator? mosok operator lagi yang bener aja. dan ternyata bener feeling gw, kebayang kan kalau jadi operator ditempat dia? punya bos kayak dia? ihhhh enggak deh. Semoga bermanfaat.

One thought on “Bekerja dengan pebisnis pemula yang gak jelas

  1. steker? –> stop kontak kali ?
    *steker adalah colokan kabel listrik jd kabel yg berujung dua colokan.
    *stop kontak itu yang berlubang dua untuk colokan listrik

    kmu dikasih pesangon dong? kan dipecat?? asyik…..:D

Leave a Reply

