Sebelum Ujian atau sidang skripsi


Kali ini Serius, ini bukan detik-detik terakhir dimana anda sudah pake baju putih hitam didepan ruang dimana anda akan ujian, tapi setelah skripsi anda di ACC dan sebelum ujian :

  • Berdoa
  • Pastikan anda menguasai secara penuh skripsi anda, dari A sampai Z, menguasai lho bukan hafal. It’s your thesis not your advisor. Secara keseluruhan skripsi itu memang karya anda, pembimbing anda dan seluruh orang yang ada disekitar anda yang mencintai anda, tetapi apa yang tertulis disitu merupakan tanggungjawab anda.
  • kalau penelitian yang anda lakukan merupakan simplifikasi, dalam artian tidak sampai menyentuh teori, nyatakan itu dengan jelas. dan pastikan anda tahu alasan anda memilih simplifikasi seperti ini dan bagaimana bentuk pengembangan yang bisa dilakukan terhadap riset anda.
  • Kalau anda pakai hipotesis, pastikan hipotesis anda benar, uji yang anda lakukan benar, dan interpretasi hasil uji dilakukan dengan benar juga, jangan sampai melakukan kesalahan fatal dalam membaca hasil uji.
  • bersiaplah untuk ujian komprehensif, kalau daftar dosen penguji sudah keluar, kenali tipikal tiap-tiap dosen. Jujur gw gak 100% lolos di kompre, dan memang sejak awal gw lebih takut sama kompre daripada skripsi. dosen punya tipe masing-masing dalam memberikan ujian kompre, ada yang spesifik pada konsentrasi anda (in case ada konsentrasi kayak di jurusan manajemen tempat saya belajar, saya ambil keuangan) ada yang meluas.

Segitu dulu kali ya. besok kalau ada ide lagi bakal gw posting lagi (wah ada gw dan saya nih:D

Leave a Reply

