Bagaimana Mengganti Password root


Tentu jawabannya sederhana, gunakan perintah passwd untuk mengganti password. Ya, tentu akan sederhana jika yang akan anda lakukan hanya ingin mengganti password root yang masih anda ingat, bagaimana jika anda lupa password root? “lupa? mana mungkin saya lupa?”. Bersyukurlah jika anda belum pernah mengalami hal ini tapi setidaknya saya pernah dan mungkin akan ada banyak orang yang mengalami hal yang sama. Untuk mengganti password root yang terlupa masuk ke dalam mode single user. caranya?
  • ketika anda menghadapi bootloader(disini saya menggunakan GRUB) pilih entri sistem yang anda gunakan, jangan dienter, tekan e.(edit).Jika GRUB anda juga terpassword, tekan p (untuk menampilkan prompt password)
  • lalu pada pada bagian akhir tambahkan -s atau –single
  • tekan b untuk masuk pada mode single user linux. pada mode single user sistem tidak akan meminta anda untuk memasukkan password dan user yang akan digunakan adalah user root. Jadi anda bisa mengganti password root anda yang terlupa dengan perintah passwd tentunya.

Aspek Keamanan
Karena “mudahnya” mengganti password root dari mode single user, maka hal yang perlu diperhatikan jika mesin linux yang anda gunakan adalah mesin yang berisi data penting baik desktop maupun server, jangan lupa set password bootloader anda, dengan demikian kalaupun ada yang memiliki akses fisik dan dapat mereset mesin anda masih ada satu penghalang yang melindungi orang tersebut agar tidak dapat masuk ke dalam mode single user. Lalu apakah sepenuhnya aman? tentu tidak, orang tersebut dapat melakukan booting dari CD atau Flash Disk atau disket mungkin untuk kemudian memboot sistem anda dan mereplace entry password anda:D dan jangan sampai anda melupakan password boot loader anda tentunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s