Bermain dengan fortune


Dulu jaman pertama kali mengenal linux ada permainan yang menarik di linux. sebenernya saya agak heran juga kenapa ini dianggap game tapi mungkin karena tidak ada klasifikasi yang pas kecuali game. Namanya fortune. Keterangan dari daftar Halaman fortune di wikipedia fortune adalah program sederhana yang menampilkan pesan random dari database petikan (quotation database). Program ini muncul pertama kali di Unix Versi 7. versi yang paling sering digunakan pada sistem *nix saat ini adalah BSD fortune yang ditulis oleh Ken Arnold.

Cara penggunaannya fortune sederhana, cukup ketikan

$ fortune

Jika anda ingin supaya setiap kali login fortune menampilkan petikan, anda bisa menambahkan pada file /etc/bashrc perintah

/usr/bin/fortune

atau jika anda tidak memiliki akses root, anda bisa menambahkan di file .bash_profile didalam home directory anda. Beberapa waktu yang lalu saya sempat login ke salah satu mesin linux, sebenarnya bukan pada sesi login tetapi ketika saya memanggil program screen, ada petikan fortune yang sempat membuat saya bingung dan khawatir bahwa ada masalah dengan sistem tetapi setelah saya baca dengan seksama saya jadi senyum-senyum sendiri🙂

2 thoughts on “Bermain dengan fortune

Leave a Reply

