Vantage Point (2008)


Film ini bercerita tentang rencana pembunuhan presiden amerika serikat ketika menghadiri sebuah acara di salamanca, spanyol. Seperti film lain yang berhubungan dengan presiden, cerita ini juga melibatkan secret service (Entry Wikipedia) yang pasti selalu ada disekitar presiden.

Film ini diawali gambar liputan mengenai kedatangan presiden yang diliput oleh GNN, layaknya liputan lainnya dimana ada pembaca berita di studio, reporter dilapangan dan pengarah acara di ruang kontrol, semuanya berjalan seperti biasa hinggga terdengar letusan senjata dua kali, presiden amerika serikat tertembak didepan podium ketika akan memberikan sambutan. sang reporter panik sampai terdengar suara ledakan. Secret Service pun bergerak cepat menyelamatkan presiden, dan mencari siapa penembak presiden.

Thomas Barnes (diperankan oleh Dennis Quaid) seorang agen yang baru kembali dari masa penyembuhan setelah beberapa saat sebelumnya tertembak ketika melindungi presiden dalam percobaan pembunuhan. nervous karena pertama kali kembali bertugas ditambah pusat komunikasi yang tidak bisa dihubungi menambah sulit keadaan, lalu mampukan barnes menemukan siapa pembunuh sang presiden?

Satu hal yang unik dari film ini adalah tidak seperti film lain yang berjalan sekuensial menceritakan dari awal hingga akhir, film ini berisi potongan-potongan pada menit menit dimana presiden tertembak dari berbagai macam sudut pandang, seolah-olah kita disuguhi berbagai rekaman CCTV yang dipasang diberbagai tempat untuk kemudian mengambil kesimpulan. menit dimana presiden tertembak diceritakan dari sudut pandang berbagai macam pihak mulai dari secret service hingga sang teroris.

Yang menyebalkan dari film macam ini selalu terjadi pembunuhan karakter dimana pelaku teror adalah mujahidin. kapan-kapan jadi pengen bikin film yang pelaku terrornya orang amerika.

Referensi Lanjutan

8 thoughts on “Vantage Point (2008)

  1. nih aq dah komen mas….

    uhm….syang lum nont filme jd ga bs kash komen bsg pa biasa. klo dliat dr pemainnya krg populer dg film laga
    coba aktor die hard yg maen mesti ratingna tinggi.
    btw stp film yg menyangkut org no 1 di amerika
    umume berlatar belakg teroris, cb kisah cinta bill clinton&monica lewinsky djadiin film??
    (apa udh ada yg buat y?)

  2. Lha yang The Sentinel itu inget gak say? yang First Lady Selingkuh ma salah satu secret service, yang semua agent harus menjalani test lie detector?

    kayaknya film Dave (1993) – http://www.imdb.com/title/tt0106673/ ceritanya mirip-mirip itu. cuma bukan selingkuhnya yang jadi topik utama cuma ada orang yang menggantikan posisi presiden karena waktu ada acara presiden melarikan diri. tapi belum nonton juga. cari ah…..

  3. Fren, aku dah liat film ini malam senin (17 Mei) kemaren di HBO, not bad lah apalagi alur ceritanya yg berjalan dari sudut pandang yg beda2. Stauku pelaku terornya bukan Mujahidin, tapi orang spanyol.

  4. @ Ardi : pelakunya memang orang spanyol di tapi itu sebagai pembalasan senjata mujahidin dimaroko diambil. ada di adegan yang presiden sama staf NSA dihotel. itu kalau gak salah denger aku gak pake subtitle soalnya😀

    Ada yang mau buat film gak ya kalau yang buat terror sekali2 CIA sama siapa gitu terus yang jadi lakon BIN😀

  5. la nek lakon ne CIA, ketika adegan nangkep penjahatnya agennya melafalkan C…I..A… (sambil menunjuknan kartu identitas agen gt) terlihat keren. la kalo B…I…N… susah ngejane mas? tur wagu…. kayake

  6. Nok, sejak kapan CIA langsung nyari tersangka? kalau CIA itu modelnya cuma bilang dia CIA, nunjukin badge, terus diajak dengan sopan ke mobil. yang teriak2 itu FBI sama ATF😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s