skripsi

Selamat Datang di Halaman Skripsi saya, maaf bagi anda yang sudah sempat kesasar kesini dan belum ada apa-apa, Alhamdulillah saya sudah lulus tanggal 28 februari 2008, hanya sekarang baru sempat mengupload file-file ini. Skripsi ini bukan merupakan public domain, creative common dsb, anda boleh membaca dan menggunakan rujukan yang sama tetapi jangan pernah mengajukan skripsi ini ke depan penguji lain (alias mengakui sebagai karya anda). Skripsi saya mengambil judul “MULTIFRAKTALITAS DAN STUDI KOMPARATIF PREDIKSI INDEKS DENGAN METODE ARIMA DAN NEURAL NETWORK
(STUDI KOMPARATIF PADA INDEKS LQ 45 PERIODE 1997 – 2007)”

Saya menempatkan skripsi ini disini bukan berarti bahwa skripsi ini hebat dsb, saya hanya ingin berbagi sekaligus menyampaikan terima kasih dan rasa hormat saya terhadap supervisor / pembimbing skripsi saya Bapak Harjum Muharram, SE, ME yang telah membimbing saya dalam menyelesaikan skripsi ini.

28 thoughts on “skripsi

  1. hi bro..saya mau nanya, saya lagi nyusun juga…syukur saya nemuin skripsi ini yg bisa saya pake sbg acuan…cmn yg saya bingungkan sekarang, data yg dibutuhkan utk skripsi yg berhubungan dgn LQ 45 ini selain data perusahaan yg masuk LQ45, trs data apa lagi yah…?

    ditunggu jwbnnya…thx yah bro..

  2. hehehe blm dijwb juga yah bro.. kali pertanyaan saya kurang detail..maksud saya gini bro..klo ga salah tiap bulan listnya lq45 itu slalu berubah, ada perusahaan yang keluar dan ada perusahaan baru di list itu.. trs data historical price yg saya dpt itu ada bbrp perusahaan yg ga ada ampe thn sblmnya (klo saya ambil judul yg dr taun 2004)….
    saya biasanya ambil di yahoo finance..tp data2 thn lama ga ada….dimana yah bro nyari data di tahun2 sebelumnya…?

  3. LQ45 itu di update tiap 6 bulan sekali. kalau data perusahaan yang masuk LQ45 sampai 2007 saya punya, jadi 10 list. dulu pernah punya list perusahaan mana aja yang masuk terus selama 20 periode (20 kali list LQ45 dikeluarkan), 10 awal (5tahun pertama) dan 10 akhir(5 tahun kedua), tapi ilang, nanti saya cari dulu.

    Kalau butuh list LQ45 nanti bisa saya kirimi atau saya upload dihalaman ini (masalahnya wordpress membatasi extensi yang boleh diupload):D

    Selain LQ45 coba liat investor, biasanya ada list 100 perusahaan dengan performance terbaik dan sebagainya. kalau indeks LQ45 lebih baik dari IHSG.

    BTW, mau mbahas tentang apa? prediksi juga kah?

  4. bro…aku sbnrnya mo bahas ARIMA…hhehe tp berat bngt…jd aku mo bahas RSI aja…cmn skg kendalanya di software metatrader n SPSS…udah cari2 om gugle ga nemu2…
    mo donlot ato beli…tp dimananya ga tau…tau ga bro nyarinya kmana..??

  5. aku udah setaun ini mentok di skripsi mulu…gara2 nyari data ke perusahaan2..ga dpt terus…makanya ambil judul ttg saham aja…ga perlu minta data ke perusahaan…xixixixxi…

  6. hye…
    leh tanya gak……..????
    bleh yah…
    1. dlm LQ45 thu khan banyak yah perusahaannya nah lo ngambil smua perusahaan or lo pilih truz knapa???
    2. variabel2 apa az yang lo pake bwt prediksi? klo gw pake analisis fundamental enaknya pake variabel apa yah?? ma tlng kasi dasarnya dunk…
    3. dasarnya lo ngambil 10 th (1997-2007) dr mana?? koq lama banget yah??
    4. lo pake software ap??
    rencana skripsi gw membandingkan metode neural network dengan SVM untuk prediksi saham
    qira2 gmana yah….
    makasi atas tulisannya..
    bermanfaat baget bwt gw..

  7. @yanti
    1. yang aku pake price LQ45 jadi bukan saham individu dalam LQ45. selama 20 periode list LQ45 yang aku pake kayaknya cuma 6 perusahaan yang bertahan terus gak pernah out dari LQ45
    2. Variabelnya ya cuma harga indeks LQ45, tapi dalam bentuk terdifference, jadi lebih kayak data return,ini syarat ARIMA. waduh aku gak ngeh sama fundamental, ini analisis teknikal je. liat buku pasar modal aja
    3. karena time series bukannya semakin lama semakin baik? kenapa? karena bisa menangkap berbagai kondisi ekonomi selama periode tersebut, kalau lebih dari 20 tahun mungkin bakal lebih baik lagi modelnya
    4. Eksponen Hurst pake excel, ARIMA pake eviews, NN nya pake matlab. keren tuh idenya, NN vs SVM, inget itu cuma case per case lho, bukan hasil generik bahwa NN lebih unggul dari SVM atau sebaliknya.

  8. hi..
    aq mu tanya, aq lagi nyusun skripsi ttg pengaruh ROA, ROE, PER, DER terhadap harga saham indeks lq45. tadinya waktu penelitian dari 2004- juli 2008, tapi tyt pembimbingQ minta agar waktu penelitian diperluas dari 99-07.
    utk data2 04-08 aq uda punya, nah ut dat 99-03 dmn nyarinya?
    uda search tp ga nemu juga, leh minta ga klo emang punya??
    thx a lot…

  9. allow… mau nanya2 nih. boleh ya.
    tgs akhir ku pake metode arima. aku cukup mengerti mengenai arima basic nya. aku dapat persamaan arima Zt=1,543Zt-1 – 0,543 Zt-2 + 0,125 at-1
    yang gw bingung adalah untuk prediksi nya gmana y?? kalo validasi aku bisa. karena validasi kan ada data aslinya shg nilai Zt-1 dan at (galat) nya bisa diketahui. Nah kalo untuk prediksi 1 hari ke depan aku bisa, tapi buat prediksi 3 hari atau lebih ke depan gmna y? kan nilai Zt-1 nya kita belum tau krn data aslinya belum ada, galatnya jg kita gak tau kan. itu gmna y??

    kalo langsung forecast pake minitab atau SPSS, hasilnya aneh.
    Maaf ya, agak bnyak nulisnya.
    tapi ini penting banget, tolong masukan dan solusinya ya..

  10. @ jc : udah dapet datanya belum? semoga udah dapet ya. maaf lama. ketumpuk email konfirmasinya😀

    @ lisa : data udah stasioner kan? memang harusnya untuk satu periode kedepan. tapi saya coba sampe beberapa bulan MSE nya masih berterima. aku lupa forecastnya gimana.

    setahuku harusnya bergerak. jadi kalau mau forecast t+2 kita harus tambahkan t+1 dalam perhitungan dulu. kalau manual jelas gak mungkin. harusnya di program biar bisa bergerak persamaannya🙂

  11. bole tanya ga..punya program untuk prediksi saham LQ45 menggunakan model ARIMA ga??klo ada bole minta ga buat skripsi??soalnya blom menemukan program yg pas..thx.

  12. Mas Panji,

    Thanks buat nunjukin link ini. Saya bisa belajar banyak juga dan mana tau membuat contoh kasus di aplikasi Pentaho.

    Boleh ya ?

    Terima Kasih,

    Feris

  13. @ Pak Feris : wah ternyata saya masih harus banyak banyak belajar makin saya mbaca tentang AI, ML, Data Mining, dkk makin bingung, luas, bingung mau milih objek yang akan dijadikan bahan riset. semoga suatu hari nanti bisa kolaborasi dengan phi-integration.

  14. anu,, saya lagi mau bikin thesis soal LQ45 tapi ksulitan cari data periode 2001-2003 nya soalnya di idx cuma ada mulai 2003..bs minta tolong ga kirimin listnya?
    tq b4

  15. alham… akhirnya saya menemukan kasus yang menggunakan arima..
    klo pakai eviews bagaimana ya cara nya
    kebetulan TA saya pun menggunakan eviews..
    makasih

  16. Assalamu’alaikum… alhamdulillah akhirnya saya menemukan skripsi tentang peramalan dengan JST. saya menggunakan JST backpropagation untuk meramalkan nilai tukar valuta asing. tp saya bingung apa yang harus saya lakukan untuk melakukan prediksi.. apa saja langkah2 untuk memprediksi nilai tukar valuta asing tersebut. misalnya nilai tukar dolar terhadap rupiah… dalam peramalannya, saya hanya menggunakan data time series. apa yang harus saya lakukan setelah mendapatkan data2 nilai tukar valuta tersebut?

    • waktu itu jumlah layer dan jumlah hidden tiap layer saya contoh dari paper yang saya jadikan acuan. karena paper itu pake data dan Kuala Lumpur Stock Exchange (KLSE) asumsi saja karena masih dekat dan satu region perilakuknya harusnya sama.

      JST ya seperti biasa data dibagi dua, periode training dan testing. yang periode training untuk membuat modelnya kemudian ditest di data periode testing, lalu pakai MSE atau RMSE untuk melihat errornya apakah sudah dibawah nilai toleransi kita atau belum.

  17. lam kenal….
    minta bantuannya nih…sekarang saya lagi bikin skripsi tentang kelulusan siswa menggunakan jst…apa ada refrensinya….kalo ada tolong kirim ke email saya boleh ndak….
    makasih…

  18. salam kenal,,,
    minta bantuan juga sekalian,,boleh tau nggak listing program matlabnya kayak apa..
    makasi,,klo bisa,,tolong kirim ke email saya
    thank before hand

      • terima kasih banyak nji„tp aq masih bing­gung dalam peng­gunaan softwarenya„bisa diser­takan lampiranya???
        oy nji law boleh minta sof­tware mat­labnya sekalian

  19. Selamat siang Bang.
    Saya Khobibah,
    Saya hendak bertanya, apa yang mendasari jumlah perusahaan yang masuk dalam indeks LQ45 harus 45 perusahaan, kenapa tidak kurang atau lebih dari 45 perusahaan ?
    Mohon untuk informasinya untuk kebutuhan skripsi.
    Terimakasih.

    Regards,
    Inti Khobibah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s